Karakter, Dimensi Total Pendidikan/Character, The Total Dimension Of Education

  • December 22, 2017
  • Abstract Views: 32
  • Downloads: 0
  • Downloads: 0
  • Page: 60-64
Corresponding Author

Keywords:

Pendidikan, Nilai karakter, Belajar dan Pembelajaran, isi dan proses, strategi pembelajaran transformasional, PancasilaEducation, Caracter Values, Teaching And Learning Activities, Content And Process, Transformational Strategy, Pancasila

Abstract

Pendidikan adalah dari, untuk dan oleh manusia. Konsep nilai-nilai kesejatian manusia menjadi dasar pendidikan, yang mengarahkan isi, proses dan hasil upaya pendidikan. Upaya pendidikan ini dilakukan melalui kegiatan yang penuh nilai-nilai karakter dengan menegakkan pilar kewibawaan yang bernuansa “sentuhan tingkat tinggi” dan pilar kewiyataan yang mempraktikkan teknologi tingkat tinggi dalam kegiatan belajar dan pembelajaran, yang secara keseluruhan mem-praktikkan strategi transformasional. Seluruh kegiatan pendidikan berisi tiga ranah pengembangan, yaitu ranah sikap (sikap sosial dan religius), pengetahuan dan keterampilan yang secara holistik dan komprehensif penuh dengan nilai-nilai karakter. Di Indonesia, nilai-nilai kesejatian manusia itu dirumuskan dalam bentuk filsafat dan ideologi bangsa dan negara, yaitu Pancasila, yang memberikan dasar dan warna bagi keseluruhan materi undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Indonesia.

Education is from, for and by human being. The concept of the genuine human values becomes the basis of education, and this basis directs the contents, the process and the results of education efforts. This efforts are done in full character condition by uprighting the high touch and high tech pilars of teaching–learning process with the application of transformational strategy. The whole contensts of education consist the substancies in their three domains, i.e. attitude (social and religious attitude), knowledge and skill domains with are holistically and comprehensively full of character values. In Indonesia, the genuine human values is formulated as philosophy and ideology of nation and state, i.e. Pancasila, and gives its significant values in coloring the whole substances of Indonesian National Education System law.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.